Perbedaan Kompensasi dan benefit Secara Jelas ! -->

Perbedaan Kompensasi dan benefit Secara Jelas !

Rabu, 20 Maret 2024


Mungkin masih banyak dari kita yang belum tahu, kalau ada perbedaan antara benefit dan kompensasi padahal keduanya mempunyai definisi dan tujuan yang berbeda. pembahasan kali ini kita akan membahas arti serta perbedaan antara kompensasi dan benefit serta pentingnya hal ini buat karyawan dan perusahaan tempat Kamu bekerja.

Komponen kunci Kompensasi & Benefit:

#1. Fixed pay
Fixed pay atau gaji pokok adalah upah minimum dalam bentuk uang yang dibayarkan perusahaan kepada karyawannya. Gaji pokok ini tidak termasuk bonus atau uang lembur, dan di Indonesia, gaji pokok dibayarkan dengan jumlah tetap setiap bulannya.

#2. Variable pay
Variable pay adalah komponen benefit yang dibayarkan berdasarkan kinerja karyawan dan pencapaian perusahaan. Kadang, variable pay disebut juga sebagai bonus.

#3. Equity pay
Terkadang, perusahaan memasukkan saham dan opsi lainnya sebagai bagian dari kompensasi untuk karyawan. Kompensasi ini bersifat nontunai dan mewakili kepemilikan saham perusahaan.

#4. Health benefits
Health benefits adalah tunjangan kesehatan umum yang diterima karyawan. Tunjangan kesehatan standar di Indonesia adalah BPJS Kesehatan.

Kesimpulan mengenai Kompensasi & Benefit:

1. Kompensasi meliputi gaji pokok dan penghargaan lainnya dari perusahaan, termasuk benefit.
2. Kompensasi berbentuk remunerasi langsung, karena berkaitan dengan kinerja karyawan. Sedangkan, benefit adalah bagian dari remunerasi tidak langsung yang ditawarkan sebagai syarat kerja.
3. Kompensasi berbentuk uang, fasilitas, atau hal-hal lainnya. Sedangkan, benefit tidak berbentuk uang, tapi hal-hal lainnya.
4. Tujuan dari kompensasi adalah menarik dan mempertahankan karyawan, baik yang sudah menjadi bagian dari perusahaan maupun yang sedang dalam proses perekrutan.

Contoh Kompensasi & Benefit:

Kompensasi
Gaji pokok. Gaji per jam. Bonus lembur. Bonus penandatanganan kontrak. Merit bonus. Retention bonus. Komisi. Bonus insentif/kompensasi berdasarkan performa.

Benefit
Asuransi kesehatan. Cuti bersama, cuti sakit, cuti hamil, atau cuti berbayar lainnya. Program pensiun. Program pelatihan atau pengembangan keterampilan. Opsi bekerja fleksibel, seperti remote atau hybrid. Reimburse kebutuhan kerja remote atau makan siang. Opsi saham perusahaan.

Apakah Bisa Negosiasi Benefit Selain Gaji?
Layaknya gaji pokok, semua jenis remunerasi terkadang masih bisa dinegosiasikan. Namun, umumnya, perusahaan sudah memiliki ketetapan sendiri atas benefit karyawan untuk jenjang magang dan fresh graduate. Ini berarti, peluangmu untuk negosiasi baru akan terbuka pada saat kamu mulai naik level nantinya. Pastikan Kamu dapat benefit atau kompensasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan Kamu.

So...

Gimana tempat Kamu bekerja dapat kompensasi & benefit apa saja?